5.04.2017

"ENTREPRENUERSHIP"

Sebagai salah satu dosen di salah satu Universitas termuka di Makassar, selalu saya menyiapkan bahan kuliah yang di ambil dari beberapa sumber seperti buku,  jurnal, literatur, koran dan berbagai macam sumber. Sumber tersebut saya buat dalam bentuk power point lalu saya up udate ke blog pribadi saya agar supaya mahasiswa atau orang lain bisa sharing tulisan bahkan memberikan input bagi diri saya maupun masukan bagi tulisan saya tersebut.
Satu ketika saya di hubungi ketua prodi universitas tersebut untuk memberikan kuliah tentang entreprenuer. karena ada beberapa perubahan kurikulum pada universitas tersebut maka saya di percayakan untuk mengampuh mata kuliah leadership dan entreptenuership.
Mata kuliah yang saya ampuh ini saling ada keterkaitan enterprenuership yang berarti mempunyai jiwa / spirit wira usaha atau usaha mandiri, sedangkan leadership yang berarti mempunyai jiwa kepemimpinan. Kedua matakuliah ini saya ramu dengan memberikan studi kasus yang diambil dari  beberapa sumber baik dari  buku atau jurnal maupun dari pengalaman orang yang mempunyai usaha dan memimpin usaha tersebut sampai mendelegasikan ke orang lain.

Sekilas terlintas dalam pikiran saya tentang tokoh / pengusaha nasional yang sukses di kanca internasional, namun pemikiran saya tersebut terpatahkan ketika membaca tulisan tulisan saya sebelumnya, mengapa saya tidak mengangkat pengusaha "lokal" saja yang sukses nasional dan di kanca internasional. Ada beberapa pengusaha lokal yang berhasil di kanca nasional bahkan internasional, seperti: bapak Yusuf Kalla Founder dari Kalla Group perushaan Otomotif terbesar di Kawasan Timur Indonesia, Bapak HM. Alwi Hamu pendiri dari FAJAR Group perusahaan media terbesar di Kawasan Timur Indonesia, bapak Aksa Mahmud pendiri/ founder dari BOSOWA Group perusahan yg bergerak di bidang industri semen dan otomotif, dan masih banyak lagi pengusaha yg sukses pada kanca nasional bahkan internasional.

Dari beberapa kesimpulan yang saya pelajari baik dari pengalaman orang lain, sendiri, orang tua, orang terdekat bahwa entreprenuer itu di mulai dari KEBERANIAN  memulai untuk mengambil tindakan menjadi wiraswasta (pengusaha : wira usaha), tindakan untuk mengambil kredit / pinjaman dari lembaga keuangan, tindakan mengambil "resiko berhasil atau resiko gagal" tentunya dengan melihat potensi pasar yang menjanjikan atau menganaslisa aspek bisnis mana yang baik, lalu di susul dengan KEPERCAYAAN terhadap tindakan - tindakan kita seperti, menjaga kepercayaan terhadap bank atau lembaga keuangan bahwa kita tdk pernah menunggak membayar kredit / pengembalian pinjaman, menjaga kepercayaan dari mitra bisnis, mempunyai komitmen yang tinggi agar bisa di percaya.
Kedua hal tersebut di atas menggambarkan bahwa KEBERANIAN DAN KEPERCAYAAN merupakan fondasi dasar untuk memulai bisnis : berwira usaha, dengan keberanian kita bisa mengambil tindakan dan dengan kepercayaan kita bisa menjaga hubungan baik kita terhadap orang yang bermitra sama kita. Jadi menurut saya ENTREPRENUER ITU ADALAH KEBERANIAN DALAM MENGAMBIL TINDAKAN (ACTION)

semoga tulisan ini bermanfaat bagi kita semua..!

GA 633 Mks - Balikpapan, 31 Mei 2016

hattaalwi@hotmail.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar