5.09.2014

JURNAL: Karakteristik Pekerja dan Permintaan Tenaga Kerja



KARAKTERISTIK PEKERJA DAN PERMINTAAN TENAGA KERJA PADA SEKTOR PERHOTELAN DI KOTA MAKASSAR

CHARACTERISTIC OF MAN POWER DEMANOF HOTEL SECTOR
IN MAKASSAR CITY



Moh. Hatta Alwi, ¹ Muh. Yunus Zain, ² Paulus Uppun 3,

1 Mahasiswa Ekonomi Pembangunan dan Perencanaan, Pasca Sarjana Unhas, Makassar
2 Dosen Ekonomi Pembangunan dan Perencanaan, Pasca Sarjana Unhas, Makassar
3 Dosen Ekonomi Pembangunan dan Perencanaan, Pasca Sarjana Unhas, Makassar




 

Alamat Korespondensi:

Moh. Hatta Alwi
Alamat : Jl. Pierre Tendean Blok J/14
Makassar
HP : 0852 55 6666 14
e-mail : hattaalwi@yahoo.com


 

ABSTRACTTop of Form


 
The research aimed at determining the direct and indirect impacts of the man power demand characteristics in the hotel sector of Makassar City, in which the impact in this case (the levels of education, experience, age, migration, sex, and the ability in speaking English) could influence the wage and the man power demand in the hotel sector of Makassar City.
The research was carried out in Makassar City by using the primary data of 98 respondents of the hotel employees in Makassar City. The data was processed by using Amos 18 with the structural Equation Model.
The research result indicates that there are the significant impacts between the experience, age, and skill on the wage, but there are no significant impacts between education, experience, age, migration and sex on the power demand, only the ability in speaking English has the significant impact on the man power demand in the hotel sector of Makassar city.

Key-word: Man Power Demand, Hotel Sector.
 Simak
Baca secara fonetik
Beri peringkat terjemahan


 


ABSTRAKTop of Form


Penelitian ini bertujuan untuk menentukan pengaruh langsung dan tidak langsung karakteristik permintaan tenaga kerja di sektor perhotelan kota Makassar, sebagaimana yang menjadi dampak bagaimana pekerja dalam hal ini (tingkat pendidikan, pengalaman, usia, migrasi, jenis kelamin, dan kemampuan dalam berbahasa Inggris) dapat mempengaruhi upah dan permintaan tenaga kerja di sektor perhotelan kota Makassar.
Penelitian ini dilakukan di kota Makassar, dengan menggunakan data primer dari 98 responden pekerja hotel di kota Makassar. Data di proses dengan menggunakan Amos 18 dengan Model Persamaan Struktural.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan ada pengaruh signifikan antara pengalaman, usia dan skill terhadap upah, tetapi tidak ada pengaruh yang signifikan antara pendidikan, pengalaman, usia, migrasi dan jenis kelamin terhadap permintaan tenaga kerja, hanya kemampuan dalam ber bahasa Inggris yang mempunyai pengaruh signifikan terhadap permintaan tenaga kerja di sektor perhotelan kota Makassar.

Keywords : Permintaan Tenaga Kerja, Sektor Perhotelan.






Tidak ada komentar: